Top! Founder Wong Solo Group Sasar Makanan Siap Saji

Ayam Bakar Wong Solo Go Internasional, Jadi Katering Jamaah Haji (CNBC Indonesia TV)

Bisnis kuliner menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia, khususnya sebelum pandemi Covid-19. Dengan didukung jumlah penduduk dan tingginya tingkat konsumsi masyarakat, bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang paling banyak dibidik oleh pengusaha.

Hal ini juga yang telah diprediksi oleh Founder Wong Solo Group, Puspo Wardoyo saat membangun restoran ayam bakar empat dekade lalu di Medan, Sumatera Utara.

Dia menceritakan bisnis ini dibangunnya hanya dengan modal sebesar Rp 700 ribu dan ayam 3 ekor. Namun berkat usaha dan kerja kerasnya, dia berhasil membangun ‘kerajaan’ Wong Solo Group hingga memiliki ratusan gerai yang berada di Indonesia, Malaysia, dan Arab Saudi.

Puspo pun tidak gentar melihat bisnis kuliner yang sedang menjamur saat ini, khususnya terkait ayam bakar.

Dia menegaskan Ayam Bakar Wong Solo memiliki ciri khas tersendiri. Menurutnya banyaknya rumah makan atau restoran ayam bakar yang ada saat ini bukan sebagai pesaing, melainkan sebagai pelengkap.

“Jadi apa yang saya ciptakan akan beda dari lainnya, kalau berbeda ini jadi alternatif pilihan makanan para pelanggan. Masing-masing mitra bukan jadi pesaing karena cita rasa pasti berbeda,” pungkas Puspo dalam Profit, CNBC Indonesia (Rabu, 15/03/2023).

Dia pun tidak berhenti melihat peluang dan kesempatan. Puspo mengatakan akan membuat Wong Solo Group versi meals ready to eat. Hal tersebut dilakukan dengan melihat tren yang ada saat ini, terlebih setelah adanya pandemi Covid-19. Sehingga bisnis yang awalnya dijalankan secara tradisional perlu disesuaikan.

Seperti diketahui, sejak pandemi muncul di Indonesia terlihat cukup banyak usaha makanan siap saji yang menjadi pilihan usaha baru. Di sisi lain banyak orang menyukai makan siap saji karena praktis.

Hal itu dimanfaatkan betul olehnya, agar bisnis Wong Solo Group ke depan tetap bisa berjalan dan tumbuh sesuai yang diharapkan.

“Di samping terus mengembangkan jaringan restoran, Wong Solo Group melalui PT HaTI juga telah mengembangkan meals ready to eat. Dengan teknologi ini Wong Solo Group akan dapat memperluas ke pasar global, termasuk di negara-negara maju,” ungkap Puspo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*