Tertarik Haji Plus? Ini 4 Cara Pilih Travel Haji yang Amanah

Tahun 2022 menandai dibukanya kembali pelaksanaan ibadah haji setelah pandemi COVID-19. Begini rangkumannya.

Bagi segelintir orang, ketimbang mengikuti program haji reguler yang diselenggarakan Pemerintah, mereka lebih memilih haji plus demi fasilitas yang lebih baik. Program haji plus umumnya ditawarkan oleh berbagai perusahaan travel haji dan umroh. Namun seiring dengan maraknya penipuan, bagaimanakah caranya untuk memilih travel yang amanah?

Seperti diketahui, cukup ramai ditemui kasus-kasus penipuan travel haji dan umroh yang muncul di 2018 lalu. Calon jemaah sudah melakukan pembayaran tapi tak kunjung diberangkatkan ke Tanah Suci.

Setelah diusut lebih lanjut, ternyata dana yang dihimpun oleh perusahaan malah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi, dan mereka cuma memberangkatkan sedikit calon jemaah.

Jika Anda tertarik mendaftarkan diri di Haji Plus, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih travel haji dan umroh yang amanah.

Hati-hati kalau ditawari paket murah di bawah pasaran

Jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga terhadap berbagai travel haji dan umroh yang ada di pasaran. Jika Anda ditawari paket travel haji dengan harga yang di bawah pasaran maka berhati-hatilah dengan yang satu ini.

Para penipu yang mengatasnamakan biro travel haji dan umroh melakukan hal demikian untuk menjaring calon jemaah.

Siapa yang tidak mau dengan paket haji dan umroh murah? Namun ternyata tawaran itu hanyalah kedok untuk melakukan aksi penipuan.

Jauhi yang memiliki sistem MLM

Jika tiba-tiba saja travel haji yang Anda tuju menawarkan sistem komisi atau bonus jika Anda sukses mengajak teman atau kerabat untuk berangkat haji atau mencari downline, maka Anda patut mencurigainya.

Ada skema ponzi terselubung dalam bisnis travel haji dan umroh penipu ini. Dengan kesuksesan mereka menghimpun dana dari calon nasabah, mereka mungkin akan memberangkatkan beberapa orang agar tidak dicurigai.

Biaya keberangkatan itu tentunya berasal dari setoran-setoran calon nasabah lain yang ikut mendaftarkan diri. Namun seiring dengan berjalannya waktu, skema itu pasti akan memunculkan masalah.

Cari tahu izin usaha hingga penampakan kantornya

Terdaftar di Kementerian Agama adalah syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan travel haji dan umroh. Untuk bisa mengantongi izin tersebut, perusahaan juga harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan Kemenag.

Selain izin, Anda pun perlu melakukan peninjauan langsung ke kantor perusahaan travel yang bersangkutan agar Anda lebih yakin lagi.

Cari tahu referensi dari banyak orang

Jangan cukup hanya dengan melihat kantor, perizinan, dan paket yang ditawarkan. Cari tahu juga seputar perusahaan itu dari review-review yang ada di internet.

Atau Anda pun bisa bertanya lebih lanjut ke kerabat atau orang yang sudah pernah menggunakan jasa dari travel tersebut. Gali sebanyak mungkin informasi yang ada agar Anda mendapatkan gambaran jelas seputar perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*