Pemasok Senjata KKB Pimpinan Egianus Kogoya Ditangkap Saat Hadiri Penghitungan Suara Pemilu

pemasok-senjata-kkb-pimpinan-egianus-kogoya-ditangkap-saat-hadiri-penghitungan-suara-pemilu

Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Epson Nirigi ditangkap di Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Selasa (20/2/2024).

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan Epson Nirigi ditangkap ketika tengah menyaksikan proses penghitungan suara pemilu yang dilaksanakan Panita Pengawas Desa atau PPD Jita.

Bayu mengungkapkan peran Epson Nirigi selama ini yakni merupakan pemasok senjata api dan amunisi ke KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Baca Juga: Anggota KKB Alenus Tabuni Ditangkap, Sepak Terjangnya Tembak TNI hingga Bunuh Tukang Ojek di Papua

“Penangkapan dilakukan karena yang bersangkutan terlibat dalam berbagai kasus sehingga masuk dalam DPO Polres Nduga,” kata Bayu dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis (22/2/2024).

Bayu menjelaskan, keterlibatan Epson Nirigi terungkap dari keterangan mantan Kadistrik Kenyam Musianus Mijile yang ditangkap pada 30 April 2023.

Dalam keterangannya, Musianus mengaku menyerahkan uang sebesar Rp 30 juta untuk membeli amunisi yang nantinya diberikan kepada Egianus Kogoya.

Keterangan Musianus tersebut, kata Bayu, diperkuat juga oleh keterangan anggota KKB lainnya bernama Yomse Lokbere yang ditangkap pada tanggal 6 April 2023.

Dari kedua orang itu yakni Musianus Mijile dan Yomse Lokbere, diamankan satu pucuk senjata api laras Panjang, senjata api pelontar, senjata api pistol masing-masing satu pucuk,10 magazen CAL 5.56.

Baca Juga: KKB Diduga Sabotase Pemilu, Rampas Ratusan Kotak Suara hingga Pukul Perangkat Distrik di Intan Jaya

Kemudian, satu magazen Cal 7.62, 3 tiga buah magasen pistol, 412 butir amunisi berbagai kaliber dan lima teropong.

“Saat ini, Musianus Mijele dan Yomse Lokbere sedang menjalani hukuman yang diterimanya,” kata AKBP Bayu Suseno.

Sebelumnya, Satgas Damai Cartenz menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata atau KKB bernama Alenus Tabuni alias Kobuter di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Minggu (18/2/2024).

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengungkapkan Alenus Tabuni merupakan anggota KKB Papua yang namanya telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

“Alenus Tabuni alias Kobuter terlibat dan memiliki peran penting dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di wilayah Puncak,” kata Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangan resminya yang dikutip pada Rabu (21/2/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*