Mudik Via Kapal Ferry? Lakukan Ini Jika Mau Dapat Tiket

Foto udara suasana sepi di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (6/5/2021). Pelabuhan Merak sejak Kamis (6/6) hingga 17 mei 2021 menghentikan pelayanan penyeberangan bagi pemudik dan hanya melayani penyeberangan untuk distribusi logistik atau kebutuhan pokok serta penumpang yang berizin khusus sebagai upaya mengantisipasi risiko peningkatan kasus penularan COVID-19 saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengingatkan, agar masyarakat tidak membeli tiket dadakan jika ingin melakukan mudik jalur laut pada Lebaran tahun ini. Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, sebaiknya masyarakat sudah mempersiapkan diri dengan membeli tiket jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Menurutnya, potensi kehabisan tiket bisa saja terjadi jika membeli tiket dalam waktu yang berdekatan dengan keberangkatan. Pasalnya, trafiknya Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni cukup tinggi.

“Tidak ada penjualan tiket di pelabuhan atau dekat pelabuhan, khususnya dekat-dekat hari H, misalnya H-3,” ujarnya dalam Media Gathering di Kantor ASDP Indonesia Ferry, Senin malam (10/4).

Shelvy juga tidak dapat memastikan apakah tiket masih tersedia pada H-1 sebelum keberangkatan. Apalagi jika mendekati puncaknya di 19 April 2023 mendatang.

“Kalau H-1 apakah masih ada tiket? Saya gak jamin,” tuturnya.

Shelvy menuturkan, saat ini pelaku mudik lebaran juga sudah mulai terbiasa dengan membeli tiket secara online, baik itu melalui aplikasi Ferizy ataupun melalui mitra penjualan tiket. Sehingga, kemungkinan tiket tersedia pun menipis.

“Audah banyak perubahan perilaku yang beli tiket, jadi gak disarankan go show,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*