Mantap! ‘Menjajah’ Arab Saudi, Ayam Bakar Wong Solo Mendunia

Puspo Wardoyo merupakan mendiri Restoran Ayam Bakar Wong Solo. (CNBC Indonesia TV)

Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo mendunia. Perusahaan Wong Solo Group memiliki proyek menyiapkan makanan bagi jemaah haji di Arab Saudi.

Founder Wong Solo Group, Puspo Wardoyo menjelaskan ini berasal dari teknologi Meal Ready to Eat (MRE) yang bisa membuat makanan tetap fresh, sehat, dan cepat. Teknologi makanan tersebut cocok bagi jemaah haji.

“Kita juga melihat dari dulu sampai sekarang makanan di sana bermasalah karena waktunya lama 10 jam – 15 jam baru sampai. Solusinya untuk haji itu hanya Meal Ready to Eat itu yang siap saji itu. Sehingga saya buat pabrik itu di Solo dengan demikian kita untuk memenuhi kebutuhan haji,” jelasnya dalam program Profit CNBC Indonesia ditulis Minggu (19/3/2023).

Dia menjelaskan jika telah mendapatkan permintaan mencapai 1.000.400 pack dari Masarik Muasasah untuk proyek katering tersebut. Makanan yang disajikan Wong Solo Group sangat unik dan menjadi yang pertama asal Indonesia di Arab Saudi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan yang dikirim dalam bentuk Meal Ready to Eat (MRE). Jadi makanan berkonsep pack tersebut tinggal dihangatkan kemudian bisa langsung disantap.

Adapun makanan dengan konsep MRE sudah diproduksi Wong Solo Group melalui pabriknya di Solo. Makanan pack tersebut divakum dengan suhu pemanas tinggi agar tidak ada bakteri yang menempel.

Dengan teknologi tersebut, makanan pack MRE Wong Solo Group bisa tahan 1 hingga 2 tahun. Adapun 5 menu makanan yang disiapkan yaitu rendang ayam, rendang daging, semur ayam, semur Daging, dan masakan Thailand. Makanan berkonsep MRE Wong Solo Group sudah mendapatkan berbagai sertifikat keamanan pangan seperti MUI, BPOM, ISO 22000 dan yang paling penting sudah memenuhi standar Arab Saudi.

Soal tantangan, Puspo menjelaskan hanya terkait waktu saja. Menurutnya butuh transportasi yang lebih murah sampai ke Arab Saudi.

“Waktunya panjang masih bagus tapi kalau waktunya sempit agak susah juga,” ungkapnya.

Sementara itu, menurutnya kecepatan menjadi kunci utama untuk menyelenggarakan katering haji. Dengan makanan siap makan yang dibawa oleh Ayam Bakar Wong Solo jadi hanya tinggal dihangatkan saja dan butuh waktu satu jam untuk disajikan.

Selain Arab Saudi, Ayam Bakar Wong Solo juga bersiap untuk menjangkau lebih banyak negara di dunia lagi. Salah satunya adalah wilayah Eropa dan Amerika, di mana banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di sana.

“Insyaallah kita akan go internasional ke Belanda, ke Eropa itu banyak orang Indonesia dan ada pasarnya juga. Amerika. Terutama (sasarannya) orang Indonesia yang lama tinggal di sana ya,” tutup Puspo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*