Awas Perang Nuklir, 7 Negara Borong Senjata Besar-Besaran

Tentara Angkatan Laut di kapal serbu melakukan pelatihan manuver selama latihan militer di Kota Kaohsiung, Taiwan pada Kamis, 12 Januari 2023. Latihan tersebut dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan sebagai tanggapan atas ancaman terbaru dari China. (AP Photo/Daniel Ceng)

Belakangan perang nuklir antar negara kembali menyeruak dan mengancam kondisi geopolitik seperti Amerika Serikat (AS), China, Rusia, dan Taiwan.

Belum usai ketegangan Rusia-Ukraina, kini kita dihebohkan dengan ancaman perang di negara Asia.

Hal ini tak lain karena masalah China dan Taiwan. China melakukan latihan militer dengan aksi “tembak langsung”. Kapal perang dan jet tempur juga wara-wiri “mengepung” Taipe.

Panas China dan Taiwan membuat Presiden Xi Jinping buka suara. Ia meminta militer bersiap untuk perang sebenarnya.

China murka akibat kedatangan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen minggu lalu ke Amerika Serikat (AS). Di mana Tsai bertemu dengan sekelompok anggota parlemen bipartisan, termasuk Ketua DPR AS, Kevin McCarthy.

Sementara itu, AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS Milius telah melintasi wilayah Kepulauan Spratly di LCS. Hal ini terjadi saat China dan Taiwan panas sial Taiwan.

Negara terkait diketahui tengah aktif melakukan latihan khusus militer untuk mempersiapkan kondisi yang ‘amit-amit’ membuat perang nuklir harus terjadi. Lantas berapasih anggaran militer negara tersebut?

Menilik laporan International Institute for Strategic Studies (IISS), ada beberapa negara di dunia yang memang memfokuskan untuk anggaran militer di negaranya. Dari jajaran tersebut, 2 negara dengan ekonomi terbesar di dunia bercokol diposisi paling awal.

Anggaran belanja militer Amerika Serikat (AS) mencapai US$ 754 miliar pada 2021. Nilai itu jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya di dunia.

Bila dirupiahkan anggaran militer AS menembus Rp 11.144 triliun (kurs US$ 1= Rp 14.780). Anggaran tersebut hampir empat kali lipat lebih besar dibandingkan dengan belanja negara Indonesia tahun ini (Rp 3.061,2 triliun).

China berada di urutan kedua dengan anggaran belanja militer sebesar US$207,3 miliar. Kemudian, anggaran belanja militer Inggris tercatat sebesar US$71,6 miliar pada tahun lalu.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa anggaran militer China mencapai 1,55 triliun Yuan atau jika dirupiahkan menjadi Rp 3. 432 triliun pada tahun ini. Angka yang fantastis untuk anggaran militer suatu negara.

Sementara Rusia, masih menempati urutan ke-5 dengan anggaran militer mencapai US$ 62,2 miliar. Posisinya masih di bawah Inggris dan India.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*