Argentina Klaim Setujui Gunakan Bitcoin, Kripto Naik

Argentina Klaim Setujui Gunakan Bitcoin, Kripto Naik

Ilustrasi/ Cryptocurrency / Aristya Rahadian

Pasar kripto menguat secara bersamaan dalam 24 jam terakhir setelah persetujuan Argentina perihal penggunaan bitcoin.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Jumat (22/12/2023) pukul 5.16 WIB, pasar kripto kompak menguat. Bitcoin naik 0,95% ke US$43.945,38 dan secara mingguan menguat 1,93%.

Ethereum berada di zona positif 2,67% dalam 24 jam terakhir meskipun dalam sepekan masih turun 2,53%. Solana terbang 14,28% secara harian dan secara mingguan juga melonjak 22,83%.

Begitu pula dengan https://kas138.fyi/ Avalanche yang merangkak naik 7,42% dalam 24 jam terakhir dan secara mingguan masih terbang 16,73%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 2,89% ke angka 1.829,25. Open interest terapresiasi 4,6% di angka US$40,87 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 74 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase greed/optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dilansir dari cointelegraph.com, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Argentina, Diana Mondino, mengklaim negaranya telah menyetujui penggunaan bitcoin.

Dalam postingan tanggal 21 Desember di X (sebelumnya Twitter), pembuat kebijakan tersebut mengklarifikasi bahwa keputusan reformasi ekonomi yang baru-baru ini diumumkan akan memungkinkan orang Argentina untuk menggunakan bitcoin dan mata uang kripto lainnya dalam kondisi tertentu.

Keputusan “Dasar untuk Rekonstruksi Perekonomian Argentina” tidak menyebutkan kripto tetapi mencakup ketentuan yang mengizinkan debitur membayar dalam aset digital tertentu yang tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

“Kami meratifikasi dan mengonfirmasi bahwa kontrak di Argentina dapat diselesaikan dengan Bitcoin,” kata Mondino. “Dan juga kripto lainnya.”

Keputusan ini tidak hanya berlaku untuk mata uang kripto saja. Warga Argentina juga dapat menyelesaikan kontrak dengan berliter-liter susu atau sapi jantan.

Sebagai informasi, Mondino ditunjuk sebagai menteri luar negeri oleh Presiden Javier Milei setelah kemenangan pemilu pada bulan November. Dia digambarkan sebagai orang yang “ramah terhadap Bitcoin”.

Persetujuan kripto oleh suatu negara salah satunya Argentina ini akan memberikan sentimen positif bagi industri kripto yang tercermin dari kenaikan harga kripto. Hal ini terjadi akibat kripto dinilai semakin diterima secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*